Minggu, 09 Juli 2017

Manfaat Ubi Kemayung Untuk Kesehatan

Manfaat Ubi Kemayung Untuk Kesehatan

Manfaat Ubi Kemayung Untuk Kesehatan ,- Ubi Kemayung adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Ubi Kemayung mengandung energi sebesar 150 kilokalori, protein 1,5 gram, karbohidrat 35,5 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 24 miligram, fosfor 48 miligram, dan zat besi 0,8 miligram.  Selain itu di dalam Ubi Kemayung juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,13 miligram dan vitamin C 6,2 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ubi Kemayung, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 85 %.

Kulit luar ubi kemayung seperti kentang; memiliki lapisan pembungkus yang tipis, berwarna agak coklat, dan berbintik-bintik. Daging ubi di dalamnya berwarna putih, memiliki getah kental berwarna putih, dan tidak berbau. Pohon ubi kemayung memiliki batang yang menjalar dilapisi duri-duri sehingga media tanam ubi ini sering dijalarkan ke atas diberi tiang penompang, dan bentuk daunnya seperti daun sirih. Ubi kemayung tidak dapat dimakan mentah seperti ubi jalar, melainkan harus direbus atau dikukus terlebih dahulu. Ketika akan dikukus pun, baiknya ubi kemayung yang baru digali dari tanah didiamkan dahulu selama beberapa minggu hingga agak padat. Dengan demikian, ubi kemayung memiliki kemungkinan menjadi alternatif pangan yang tahan lama. Jika ubi kemayung langsung dikukus, hasil daging kukusannya menjadi berbulir-bulir terpisah (Sunda: béar). Meski penampilannya seperti kentang, namun setelah dikukus, ubi kemayung memiliki rasa sedikit manis.

Manfaat Ubi Kemayung Untuk Kesehatan :

1. Bahan pembuatan produk makanan

Ubi kemayung dapat digunakan sebagai bahan pembuatan mie instan, kerupuk atau bahkan kue. Selain itu gembili juga dapat digunakan sebagai makanan tambahan dan untuk diekstrak menjadi tepung. Diekstrak dari tepung memiliki serat yang halus sehingga mudah untuk dicerna dan bagus untuk para penderita pencernaan. Makanan ini tentu lebih sehat jika dibandingkan dengan jenis makanan praktis yang banyak beredar sekarang.

Berbeda dengan produk makanan tradisinal yang lain, makanan sekarang banyak mengandung beragam bahan kimia berbahaya dan dapat menginvasi kesehatan kita. Tidak heran jika orang sekarang lebih banyak terkena penyakit jika dibandingkan dengan penduduk yang masih menggunakan bahan makan tradisional pada jaman dahulu. Ubi kemayung sendiri merupakan jenis makanan tradisional yang banyak dianggap sebagai makanan desa sehingga banyak yang merasa gengsi untuk memakannya. Namun meski demikian, ia memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan kita sehingga tidak akan merugikan bagi mereka yang gemar mengonsumsinya.

2. Mengenyangkan Perut

Umbi ini tidak hanya enak digunakan sebagai bahan pembuatan makanan melainkan juga dapat memberi efek kenyang pada pengonsumsinya. Meskipun rasanya tergolong manis namun nyatanya, dapat digunakan sebagai pengganti makanan pokok yang menyehatkan. Kandungan karbohidrat serta kalori di dalam ubi kemayung membuat Anda bisa merasa kenyang seperti saat mengonsumsi singkong ataupun ubi.

3. Mengandung zat glucomannan

Zat yang satu ini menyatu dengan manfaat protein yang berperan untuk mengurangi kolesterol jahat dari dalam tubuh. Bukan hanya itu, keberadaan zat ini juga dapat digunakan meningkatkan kolesterol baik yang berguna bagi tubuh. Jadi, umbi ini bisa dikonsumsi bagi penderita kolesterol karena juga berfungsi untuk menetralkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

4. Pupuk hijau

Bukan hanya mengandung banyak khasiat yang baik bagi kesehatan, namun daunnya juga dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman lain dengan dibuat pupuk hijau. Daunnya dapat digunakan sebagai media tanam pada tanaman rimpang seperti lengkuas, jahe atau dapat pula pada tanaman hias seperti pakis, begonia dan wijayakusuma.

5. Menyehatkan pencernaan

Ternyata umbi ini juga mengandung serat tinggi yang mampu membuat pencernaan lebih sehat. Dengan mengkonsumsi ubi kemayung system pencernaan akan lebih lancer.

6. Menyehatkan Mata

Ubi Kemayung mengandung vitamin A yang mampu membuat mata lebih sehat.



Nah, itu dia sedikit ulasan dan info gizi mengenai manfaat ubi kemayung untuk kesehatan. Jika ingin mengonsumsi ubi kemayung, baiknya mengkonsumsi ubi kemayung dengan cara direbus. Sehingga menimbulkan cita rasa yang gurih dan lezat. Tetapi ingat ya giziers, sesuatu yang berlebihan tentu saja akan berdampak tidak baik. So, batasi juga konsumsi makananmu di dalam tahap wajar ya. 
 

0 komentar:

Posting Komentar